Tidur Mendengkur dan Beberapa Tips Untuk Mengatasinya

Tidur Mendengkur – Beberapa orang kerap mendengkur saat tengah tidur. Volume serta frekwensi dengkuran seorang dapat tunjukkan apakah dia memiliki masalah tidur yang meneror nyawa atau tak, seperti apnea tidur obstruktif (Obstructive sleep apnea – OSA). Masalah tidur ini punya potensi hentikan pernapasan atau bikin pernapasan anda jadi dangkal.

Dengkuran yang keras yaitu tanda-tanda paling umum dari apnea tidur obstruktif yang berlangsung pada beberapa orang dengan keadaan ini. Sebagian pasien tak mengerti bahwa mereka mendengkur lantaran mereka tidak sering terbangun oleh nada dengkurannya sendiri. Masalah tidur berlangsung pada pasien yang alami terbatasnya pasokan oksigen yang masuk ke badannya saat dia tidur.
Sebagian argumen kenapa seorang tidur mendengkur

 terapi susu kambing, susu kambing asma, susu kambing murni, produsen susu kambing, harga susu kambing per liter, jual sabun susu kambing, sabun penjual susu kambing gmp, sabun susu kambing iria, susu kambing higoat,

Mendengkur didorong oleh penyempitan saluran hawa, baik di tenggorokan atau lubang hidung yang mengontrol jumlah oksigen yang masuk pada badan. Sesungguhnya, nada dengkuran dikarenakan oleh getaran yang di buat oleh hawa lantaran ‘usahanya’ untuk dapat masuk ke pada badan lewat langit-langit mulut, uvula, lidah, tonsil, serta/atau otot-otot yang ada di tenggorokan, tutur Dr. Joseph Mercola, dokter serta pakar bedah berlisensi. Bila hawa yang anda hirup tidak bisa bergerak bebas lewat hidung serta mulut waktu anda tidur, jadi besar kemungkinan anda bakal mendengkur.

Banyak aspek yang memengaruhi seorang untuk jadi pendengkur serta sebagian salah satunya yaitu :

Umur
Bersamaan menambahnya usia yang makin tua, tenggorokan bakal jadi sempit serta kekencangan otot di tenggorokan bakal alami penurunan.
Keadaan Badan Tertentu
Pria mempunyai saluran hawa yang sempit dibanding dengan wanita, jadi kemungkinannya pria lebih mungkin saja mendengkur. Tenggorokan yang sempit, langit-langit mulut yang terbelah, kelenjar gondok yang jadi membesar, serta atribut-atribut fisik yang lain juga jadi aspek kenapa seorang mendengkur, serta hal semacam ini sifatnya dapat di turunkan.
Permasalahan hidung serta sinus
Hawa yang terhambat masuk disebabkan persoalan pada hidung bisa bikin sistem pernapasan jadi lebih susah hingga mengakibatkan seorang tidur mendengkur.
Keunggulan berat tubuh
Jaringan lemak pada badan serta otot yang lemah berperan mengakibatkan dengkuran.
Pola hidup tak sehat
Pola hidup tak sehat seperti konsumsi alkohol serta merokok bisa tingkatkan relaksasi otot yang mendorong anda untuk lebih gampang mendengkur. Hal ini dapat berlaku pada konsumsi obat-obatan spesifik.
Posisi tidur
Tidur telentang mengakibatkan daging tenggorokan anda jadi santai serta terblokirnya saluran hawa, hingga bisa mengakibatkan anda tidur mendengkur.

Temukan jalan keluar yang pas supaya dapat berhenti mendengkur

Ada demikian banyak perangkat atau alat-alat di market yang mengklaim dapat menangani permasalahan dengkuran yang anda alami. Sayangnya, banyak salah satunya masih tetap belum dapat dibuktikan keampuhannya. Sedang beberapa pakar lebih mengutamakan ke ‘teknik-teknik’ spesifik yang sudah dapat dibuktikan keefektifannya, meskipun akhirnya tidak sama pada tiap-tiap orang, bergantung usaha serta style hidupnya.

Langkah pertama yang perlu anda kerjakan yaitu tahu pemicu kenapa anda tidur mendengkur. Tulis pola tidur anda, dapat meminta pertolongan anggota keluarga atau memakai rekaman visual saat anda tengah tidur. Hal semacam ini supaya dapat di ketahui pola dengkuran yang anda alami. Dengan tahu pola dengkuran anda, hal itu dapat memperjelas pemicu kenapa anda kerap mendengkur waktu tidur, apa yang membuatnya jadi tambah kronis, serta ini makin memudahkan perlakuan yang bakal dikerjakan.
Tahu pola dengkuran

Sangatlah utama untuk tahu pola tidur serta dengkuran anda. Posisi tidur bakal mengungkap lebih beberapa hal, termasuk juga menjawab pertanyaan kenapa anda dapat mendengkur saat tidur.

Mendengkur dengan mulut tertutup : Tunjukkan ada permasalahan dengan lidah anda.
Mendengkur dengan mulut terbuka : Tunjukkan ada permasalahan dengan jaringan di tenggorakan anda.
Mendengkur waktu tidur telentang : Hal semacam ini dinilai enteng, cukup merubah rutinitas tidur serta pola hidup yang tambah baik.
Mendengkur di seluruhnya posisi tidur : Tunjukkan dengkuran anda lebih kronis serta memerlukan perlakuan yang lebih komperehensif.

Perlakuan mandiri

Ada beberapa hal yang bisa anda kerjakan sendiri supaya anda dapat berhenti mendengkur. Usaha-usaha yang dapat dikerjakan termasuk juga merubah pola hidup yang lebih sehat.
Turunkan berat tubuh
Berkurangnya berat tubuh meskipun cuma sedikit dapat kurangi jaringan lemak dibagian belakang tenggorokan serta kurangi atau bahkan juga dapat bikin anda berhenti mendengkur. Anda dapat mengerjakannya dengan program diet maupun berolahraga.

Olahraga
Terkecuali dapat turunkan berat tubuh, berolahraga bakal berguna positif untuk sisi badan anda seperti lengan, kaki, serta perut, dan juga menolong mengencangkan otot di tenggorokan anda yang selanjutnya bakal menangani permasalahan dengkuran anda.

Berhenti merokok
Bila anda seseorang merokok, kesempatan anda untuk mendengkur lebih tinggi. Merokok bisa mengakibatkan penyempitan saluran hawa disebabkan ada iritasi selaput di hidung serta tenggorokan. Oleh karenanya, cepatlah berhenti merokok.

Jauhi Alkohol
Konsumsi alkohol, obat tidur, serta obat penenang dapat mengendurkan otot-otot di tenggorokan serta mengganggu pernapasan. Spesial untuk anda yang memanglah memerlukan obat tidur serta penenang, tanyakan selanjutnya pada dokter anda. Hal semacam ini lantaran terdapat banyak type obat tidur atau penenang yang dapat bikin anda mendengkur lebih kronis.

Tentukan pola tidur yang teratur
Tentukan jam tidur anda, dan yakinkan anda memperoleh durasi saat tidur yang cukup serta kwalitas tidur yang baik. Bila tidur anda berkwalitas, hal semacam itu dapat meminimalisir resiko anda untuk mendengkur.

Jauhi cafein serta makanan berat saat sebelum tidur
Yakinkan tidak untuk konsumsi makanan atau minuman berat serta berkafein dua jam saat sebelum saat tidur. Product susu serta susu kedelai termasuk juga yang baiknya tak anda mengkonsumsi pas saat sebelum tidur.

Melindungi hawa kamar tidur terus lembab
Jagalah kamar tidur anda dalam situasi lembab, anda dapat memakai humidifier (alat pelembab hawa). Hawa yang kering dapat menghematasi selaput di hidung serta tenggorokan, yang bakal jadi besar kesempatan anda untuk tidur dengan mendengkur.

Yakinkan supaya hidung tak tersumbat
Hidung terhalang dapat bikin sistem penghirupan hawa bakal lebih susah hingga bikin tenggorokan anda alami kekosongan disebabkan tak ada hawa. Hal semacam ini selanjutnya bikin anda tidur mendengkur. Untuk menangani hidung terhalang, anda dapat hirup uap air panas atau minyak kayu putih, minum jeruk nipis hangat, berkumur dengan air garam, serta lain sebagainya.

Tidur menyamping
Jauhi tidur telentang, lantaran hal itu bakal bikin lidah serta jaringan lunak di mulut makin menuju ke, dan bakal menyumbat aliran hawa yang mau masuk serta selanjutnya mengakibatkan anda tidur dalam situasi mendengkur.

Atur posisi kepala lebih tinggi
Memposisikan kepala anda lebih tinggi dari tubuh sebagian inci bisa memudahkan pernapasan anda serta mendorong lidah dan rahang untuk bergerak ke depan. Oleh karena itu, manfaatkanlah bantal saat tidur. Di market, telah tersedia banyak bantal spesial yang bisa menghindar anda tidur dalam situasi mendengkur serta meyakinkan otot leher anda tak mengkerut.

Latihan tenggorokan
Dapat anda aplikasikan sepanjang 30 menit sehari-hari, latihan tenggorokan bisa jadi langkah yang efisien untuk kurangi atau hentikan dengkuran. Katakan nada vokal spesifik seperti (a-i-u-e-o) berkali-kali supaya bisa menguatkan otot-otot di saluran pernapasan sisi atas. Hal semacam ini bakal kurangi dengkuran anda. Diluar itu terdapat banyak panduan lain yang dapat anda aplikasikan seperti :

Letakkan ujung lidah anda di belakang gigi depan-atas anda. Lalu geser lidah anda ke belakang (mundur). Kerjakan sepanjang 3 menit satu hari.
Tutup mulut anda lalu kerutkan bibir anda. Tahan sepanjang 30 detik.
Buka mulut anda serta gerakkan rahang anda ke samping kanan. Tahan sepanjang 30 detik lalu ubah gerakkan rahang ke samping kiri.
Dengan mulut terbuka, kontraksikan otot dibagian belakang tenggorokan anda berkali-kali sepanjang 30 detik. Panduan : Lihatlah di cermin untuk tahu uvula (“bola menggantung di tenggorokan”) bergerak naik serta turun.

Sekianlah informasi singkat perihal tidur mendengkur. Hubungi dokter selanjutnya jika keadaan anda di rasa telah kronis. Semoga artikel ini berguna.